web umw

Berita dan Pengumuman

Lewat KKN Tematik, Prodi Sarjana Kesmas UMW Intervensi Persoalan Stunting di Desa Pamandati Konsel

Program Studi (Prodi) Sarjana Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari melakukan intervensi kesehatan terkait permasalahan stunting di Desa Pamandati, Kecamatan Lainea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Intervensi tersebut dilakukan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik yang terlaksana pada 20 Februari hingga 20 Maret 2023.

Dosen Pembimbing KKN Tematik Prodi Sarjana Kesmas UMW Kendari, Muhammaad Ikhsan Akbar mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan program universitas yang melibatkan Dosen dan mahasiswa Sarjana Kesmas, Farmasi, Keperawatan dan Ilmu Sanitasi dengan jumlah 17 mahasiswa. Dari jumlah itu, terlibat 3 mahasiswa Prodi sarjana Kesmas.

“Jadi bentuk kegiatannya itu berfokus pada pencegahan penyakit stunting. Dalam upaya pencegahan itu, dosen dan mahasiswa Kesmas akan melakukan beberapa kegiatan intervensi,” ungkapnya melalui telepon Whatsapp pada Rabu (1/3/2023).

Lanjutnya, intervensi yang dimaksud adalah melakukan edukasi kesehatan terkait dengan bahaya stunting dan cara mencegah stunting sejak dini.

Dosen dan mahasiswa sarjana Kesmas juga memberikan informasi kesehatan menggunakan media baliho dengan ukuran 4×6.

Ikhsan juga mengatakan, untuk menjaga kesehatan warga Desa Pamandati, pihaknya tidak lupa untuk mengadakan senam stunting. Pemilihan intervensi masalah kesehatan stunting tersebut dikarenakan penyakit tersebut telah menjadi isu nasional dan angka stunting di Sultra pun masih tergolong tinggi.

Di Desa Pamandati yang menjadi lokasi KKN tematik tersebut juga telah ditemui kasus stunting. Untuk itu, Ikhsan mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan Prodi sarjana Kesmas UMW Kendari untuk mengurangi bahkan menghambat perluasan penyakit stunting di wilayah itu.

Ia berharap pada masyarakat agar ada upaya-upaya yang dilakukan dalam mencegah berbagai penyakit yang ada, khususnya stunting. Hal tersebut menjadi suatu upaya prevention dan promotif bukan hnya pada lingkungan masyarakat tetapi juga pada individu masyarkat itu sendiri.

“public health is about helping people to stay healthy and protecting them from threats to their health,” ucapnya. (B)

© Lewat KKN Tematik, Prodi Sarjana Kesmas UMW Intervensi Persoalan Stunting di Desa Pamandati Konsel
Sumber: https://zonasultra.id/lewat-kkn-tematik-prodi-sarjana-kesmas-umw-intervensi-persoalan-stunting-di-desa-pamandati-konsel.html

Facebook
Twitter
WhatsApp